Indeks Toleransi (Indeks Kota Toleran)

Indeks Kota Toleran adalah indeks yang memperlihatkan bagaimana praktik toleransi terbaik kota-kota di Indonesia, dengan memeriksa seberapa besar kebebasan beragama/berkeyakinan dijamin dan dilindungi melalui regulasi dan tindakan serta disandingkan dengan realitas perilaku sosial kemasyarakatan dalam tata kelola keberagaman kota, khususnya dalam isu agama/keyakinan. Toleransi adalah pikiran, perasaan dan tindakan yang berhilir pada kedamaian, menghormati yang berbeda, bijaksana dalam memandang nilai-nilai kemanusiaan serta keberanian untuk bertindak berdasarkan nilainilai kemanusiaan itu.

Data and Resources

Additional Info

Field Value
Last Updated February 27, 2024, 01:55 (UTC)
Created November 1, 2023, 02:48 (UTC)
Interpretasi Skoring menggunakan skala dengan rentang nilai 1-7, yang menggambarkan rentang gradatif dari kualitas buruk ke baik. Artinya, 1 merupakan skoring untuk situasi paling buruk pada masing-masing indikator untuk mewujudkan kota toleran, sedangkan 7 adalah skoring untuk situasi paling baik.
Konsep Toleransi
Level Estimasi Kota
Metode/Rumus Kombinasi pembobotan tersebut menghasilkan persentase akhir pengukuran sebagai berikut: 1) Rencana pembangunan (10%), 2) Kebijakan diskriminatif (20%), 3) Peristiwa intoleransi (20%), 4) Dinamika masyarakat sipil (10%), 5) Pernyataan pejabat (10%), 6) Tindakan nyata (15%), 7) Heterogenitas agama (5%), dan 8) Inklusi sosial keagamaan (10%).
Nama Indikator Pembangun 1. Indeks inklusivitas dalam RPJMD; 2. Indeks kebijakan diskriminatif; 3. Indeks peristiwa intoleransi; 4. Indeks dinamika masyarakat sipil; 5. Indeks pernyataan pejabat; 6. Indeks tindakan nyata; 7. Indeks heterogenitas agama; dan 8. Indeks inklusi sosial keagamaan.
Satuan -
Sumber Setara Institute
Ukuran Indeks